Thursday, 20 June 2013

CARA MENGURUS PERPANJANGAN STNK 5 TAHUNAN DI KOTA MALANG

author photo
CARA MENGURUS PERPANJANGAN STNK 5 TAHUNAN DI KOTA MALANG terbaru 2013 sebenarnya sangatlah mudah.
Langkah-langkah memperpanjang STNK 5 tahunan untuk mobil maupun motor sebaiknya diurus sendiri karena saat nongkrong di SAmsat kota malang kita bisa mendapat info dari obrolan dengan sesama pengantri. Misalnya kemarin saya dapat info apabila SAMSAT KOTA MALANG mengadakan PEMUTIHAN hingga 17 September 2013. Nah jangan lewatkan kesempatan ini, mayan hemat biaya BBN kalo mo balik nama atau yang nunggak pajak bertahun2 hehhe. Kok jadi ngelantur, woke langsung aja deh berikut Cara mengurus pajak 5 tahunan mobil atau motor di samsat kota malang. Ceritanya kemaren ane baru ngurus STNK 5 tahunan gan, DAN SEKARANG ternyata ada prosedur baru yaitu HARUS KE POLRES juga...nah biar jelas berikut kronologisnya SAMSAT-POLRESTA-SAMSAT begitulah sekarang Cara mengurusPajak STNK 5 Tahunan Yang paling UPDATE 2013, jAdi emang agak ribet karena BPKB nya di ganti semua katanya

Berikut 4 LANGKAH MUDAH mengurus pajak 5 tahunan Mobil atau Motor di SAMSAT KOTA MALANG TERBARU 2013

1. Dirumah anda siapkan berkas yang dibutuhkan,

5 tahun terakhir berkas ini tidak berubah gan... yaitu
ASLI :
a. KTP atau SIM atas nama kendaraan  pemilik kendaraan
Nah disini ane sempat galau gan, karena kendaraan bukan atas nama ane , tapi atas nama Bokap ane yang notabene udah beda alamat ama ane,
(beda KK ma ane)
Nah Ane kudu ngurus pajak 5 tahunan mobil Bokap, dan ternyata Bokap ga usah ikut bisa gan.. secara bokap udah uzur. Cukup Bawa KTP/Sim atas nama Bokap.. Gak perlu surat Kuasa segala.
KTP Bokap ternyata ilang, akhirnya ane pake SIM, dan ternyata BISA memperpanjang STNK 5 tahunan menggunakan SIM yang masih berlaku.
b. BPKB ASLI
c. STNK ASLI

FOTOCOPY

1. Fotocopy KTP atau SIM sebanyak 4 lembar
2. Fotocopy BPKB sebanyak 4 Lembar ( Pokoknya bagian yang ada tulisannya aja gan yang difotokopi)
3. Fotocopy STNK sebanyak 4 lembar

Nah Jadikan empat bendel fotokopian tersebut dengan urutan sesuai besarnya yaitu :
Fotocopy BPKB paling bawah, Fotocopy STNK, Fotocopy KTP/SIM
Lalu JEpret pake Steples, nah anda sudah punya empat bendel

Jadi yang perlu di bawa adalah KTP/ SIM asli, BPKB Asli, STNK asli, empat Bendel Fotocopy, bukti pajak kendaraan (yang biasanya di baliknya STNK) bawa aja kalo ada .

Jangan Lupa bawa Lap kain.. Nah ini yang biasanya kelupaan, buat ngelap nomer mesin atau no rangka yang kotor, bisanya suka ngomel tukang geseknya.
Bawa juga obeng dan kunci pas, biasanya untuk motor kan harus buka dek dll...
JANGAN LUPA BAWA BAllpoin 2 biji (alat Tulis)

Nah nyante aja persiapkan dengan matang di rumah biar kalo udah di samsat tidak panik.. atau kalo sempet telpon dulu ke samsat malang, Sekarang Cs nya ramah kok.. berikut alamat dan nomer telepon samsat Malang

Kantor Bersama Samsat Kota Malang.  Telepon: +62 341 801303, 802669. Alamat: Jl. S. Supriadi No. 80

Sekarang Menginjak pada Langkah kedua Tahapan mengurus STNK ganti plat 5 tahunan di samsat kota malang terbaru 2013

2. Meluncur Ke Samsat Kota Malang tahap Satu

INGAT samsat MALANG LOKET Buka jam 8 hanya sampe jam 12.30, jam 12 istirahat, jadi kalo waktu sudah menunjukkan pukul 1 siang mending nunggu keesokan hari.
Kalau persiapan udah oke silahkan anda membawa kendaraan yang akan di perpanjang ke Samsat kota malang.
kalau dari arah Malang kota setelah universitas kanjuruhan masih terus sekitar dua KM lihat kanan jalan ..nanti ada petunjuk masuk samsat malang . Lokasinya sebelum pertigaan kacuk persis.
Masuk aja... lihat petunjuk arah.. tempat cek phisik.. ikuti arahnya belok kiri terus ke kanan.
Bagi yang bawa mobil langsung aja parkir antrian, begitu pula dengan motor ikut antrian motor.

a. Beli Formulir Cek fisik.
Nah saat mobil anda udah parkir di antrian, matikan mobil anda. Tinggalkan untuk beli formulir cek fisik. Begitupun untuk motor, nyante aja, tinggalin motor anda di antriam. Beli formulir cek fisik. LEtaknya di sebelah kanan antrian di FOTOKOPIAN (bukan DI LOKET LHO)
atau nanya aja kalau ragu.
Ceritanya kemaren ane juga agak panik setelah mobil ane ikutkan antrian ..takut menghalangi mobil belakang ane.. tenang aja mereka juga pade belum beli formulir, jadi anda bisa tinggalkan tuh boil dan beli formulir dan MAP nya, total cuma dua ribuan, dan saat beli formulir TIDAK PERLU menjunjukkan DOKUMEN apapun, karena beli formulir cek fisik letaknya deket di sebelah kanan masuk dikit...
Ingat beli Formulir di FOTOKOPIAN..
Anda akan mendapatkan dua lembar Formulir ukuran A4 beserta MAP.. Kembalilah ke Mobil anda. Ga perlu ngisi apapun dulu, Fokus ke antrian...

b. Gesek cek fisik
Setelah tiba giliran anda serahkan formulir yang anda beli tadi ke petugas cek fisik. awasi prosesnya. Bila butuh lap, kasih lap, bila buka dek kasih kunci pas dll.. Pengawasan ini perlu, siapa tau saat buka kap mesip tutup minyak rem anda diembat.. hehehhe
Kalo diminta STNK atau BPKB tunjukin aja, dalam proses ini kita tidak menyerahkan dokumen apapun.
Stelah itu formulir cek fisik yang udah digesek akan dikembalikan kepada anda. Form Cek No mesin dan form cek no rangka tadi... , Lalu bawalah kendaraan anda ke parkiran ( jangan bingung ke loket nanti aja)

c. Isi dan Lengkapi Formulir.


Setelah di parkiran, bawa semua dokumen ke depan loket cek fisik ISI dan lengkapi formulirnya. Di depan Loket bisanya ada Meja dan disitu ada contoh pengisian formulirnya..!!!
Jadi pelan-pelan aja.. Gunakan Ballpoin yang sudah anda siapkan. Biasanya di situ ga disediakan ballpoin :(
Isi 2 Formulir tadi yaitu formulir cek Rangka dan formulir cek mesin


d. Sahkan Formulir Anda Di loket


Setelah Formulir diisi lengkap masukkan ke dalam MAP, beserta BPKB asli, KTP/SIM Asli, STNK ASLI, Empat bendel fotokopian

Serahkan Map beserta isinya ke loket. Nanti ada proses stempel dll, MAP akan dkembalikan ke anda.
Cek isi MAP.. Semua dokumen Asli harusnya masih disitu. Petugas hanya mengambil satu fotokopian.


Tahap pertama di samsat sudah selesai. sekarang anda harus ke POLRES KOTA MALANG.. nati sehabis dari polres anda baru ke SAMSAT LAGI..
Lebih kurang keseluruhan waktu cek fisik: 1 Jam


3. Meluncur Ke POLRES KOTA MALANG

Polresta Malang Jl. Jaksa agung Suprapto no 19 Malang  no telp 0341-3255555
Letak Polresta Malang ada di depan RSUD Syaiful Anwar Malang.
Masuk aja dan parkir kendaraan anda.
Jalan kaki baca petunjuk..ARAH tempat BPKP atau STNK. Ingat Baca dulu tengak tengok sebelum bertanya

a. Serahkan MAP beserta isinya ke pendaftaran, Nanti anda akan di beri Formulir
- Disini anda bisa menyakan apakah Nomor Plat anda berubah atau Tidak, bisanya anda bisa pesan Nomor plat cantik dengan harga tertentu..hehehhe..
kalau anda tidak perlu nomor cantik, ya udah bawa map dan formulir tadi keluar, isi di pengisian sesuai contoh.

b Serahkan Formulir yang telah diisi.
- Map beserta formulir yang telah anda isi serahkan ke petugas, Tunggu panggilan...
Setelah di panggil anda disuruh bayar.. untuk Mobil kemaren ane surh bayar 30 rebu.
setelah itu anda akan mendapat Struk pengambilan BPKB dan map anda dikembalikan. BPKB asli ditahan di POLRES...jadi MAP ANDA berisi STNK, KTP/SIM, Bendel fotokopian, klo ga salah tinggal dua bendel

Simpan Struk pengambilan BPKB anda. 2 minggu lagi BPKB akan jadi.. usahakan mengambilnya jangan diwakilkan(ane sempat baca2 pengumuman di tembok) tapi kenyataannya  diwakilkan juga bisa sih.., tanpa surat kuasa
Stelah itu anda siap ke SAMSAT buat Bayar Pajak.

Lebih kurang keseluruhan waktu antrian : 1 Jam
Sumber: http://Definisi.net

4. Meluncur Ke samsat Kota Malang Tahap 2.

INGAT samsat MALANG LOKET Buka jam 8 hanya sampe jam 12.30, jam 12 istirahat, jadi kalo waktu sudah menunjukkan pukul 1 siang mending nunggu keesokan hari
a. Beli Formulir di loket depan
Sesampai anda di samsat, langsunglajh menuju loket untuk beli formulir perpanjangan STNK 5 tahunan.. serahkan  Map ke Loket Formulir paling depan di luar gedung utama.
Kemaren Ane untuk Mobil kena 125 Ribu, untuk motor 80 ribu

b. Isi Formulir seperti contoh.
Masuk ke gedung utama, nah disitu ada meja pengisian formulir, beserta contoh2 nya isilah...

c. Serahkan Map beserta formulir ke bag pendaftaran ..  ada di paling kiri.. BACA petunjuknya
setelah itu anda akan di beri struk, MAP diembat ma petugasnya..silahkan duduk manis.. tunggu NAMA  dipanggil lewat mikropon. Atau sambil nunggu anda bisa nanya-nanya ma mbak CS di belakang.. orangnya ramah.. ane dpt bocoran pemutihan sampe 17 semptember 2013 dari nggosip ini, ane juga nanya2 cara balik Nama, Mutasi dll...

d. Bayar Ke Kasir.
Bila nama anda sudah dipanggil..kalo ane nama bokap ane..
Bayar pajak ke Kasir.. disini pajak saja yang di bayar, sesuai ama pajak yang lama.
setelah itu anda ke petugas loket paling kanan, bagian plat. serahkan STNK m pajak.. silahkan duduk manis untuyk nunggu panggilan Plat jadi... jang jauh jauh karena bagian ini ga make mikropon

c. Ambil Plat dan STNK
begitu nama bokap ane dipanggil, ane dpt Plat... STNK kebetulan lagi habis kertasnya jadi nunggu 3 Bulan baru jadi :(
so ane cuma dpt Plat M STNK lama yang di stempel STNK masih diproses..so SUDAH SELESAI..


Pulang Bawa Plat dan STNK lama plus pajak.
Lebih kurang keseluruhan waktu antrian : 2 Jam

Gampang kan ..jadi Keseluruhan waktu 4 jam.. kalo anda nyampe samsat tahap satu  tadi jam 8, insyaAlloh  jam 12 keseluruhan rangkain pengurusan akan selesai.. kalo kesiangan ..berarti 2 hari lah...

CATATAN PENTING
Sumber: http://Definisi.net
- Dari empat  Proses diatas brarti GESEK cek fisik Bisa dilakukan dirumah.. perhatikan urutannya.. hehehehe.. ini berguna kalo kendaraan kita dalam kondisi mogok, atau males bawa mobil karena macet dll..
tapi ini tidak disarankan lho.. resiko ditanggung sendiri. Tinggal ke FOTOKOPIAN samsat beli formulir cek fisik hehehe
Caranya gesek di bagian atas formulir
kan ada 2 formulir cek rangka ama cek no mesin
tapi ini tidak disarankan lho.. resiko ditanggung sendiri.

- Total Biaya STNK 5 Tahunan unrtuk MOBIL yaitu RP 125 ribu + Pajak ( pajak tergantung jenis mobil, lihat pajak tahun kemaren)
Total Biaya STNK 5 Tahunan untuk SEpeda MOTOR  yaitu RP 125 ribu + Pajak ( pajak tergantung jenis dan tahun motor)

- Info dari CS samsat ... Pemutihan SAMSAT KOTA MALANG Sampe dengan 17 September 2013, jadi kalo mo Balik nama, atau mutasi LAKUKAN SEKARANG.... Bebas BeaBalikNama, bebas biaya mutasi  ... atau kalo anda ga bayar pajah puluhan tahun, bayar sekarang.., gosipnya pajak tertanggung dihapuskan.. ada juga yang tidak didenda dll..

Info diatas adalah pengalaman ane gan, semoga bermanfaat, klo ada yang ga jelas telpon aja ke samsat Malang , CS nya ramah kok...Kantor Bersama Samsat Kota Malang.  Telepon: +62 341- 801303, 802669
Kalo ada salahnya mohon maap Gan, karena ane bukan pegawe Samsat. Sumber: Definisi.net
bisnis syariah

This post have 9 komentar

avatar
Peter newS delete 20 June 2013 at 17:19

Ikutan Share Info, ternyata sekarang udah ada pajak progresif, bagi yang memiliki 2 sepeda motor dengan satu nama, maka akan kena pajak orang mampu.. makanya kalo mo beli motor harus jeli, atas namakan sodara, jangan sampai kena pajak orang mampu, motor yang udah dijual segera Balik Nama, mumpung gratis sd 17 september 2013, di kota Malang, ga tau kalo kota lain

Reply
avatar
Syariah delete 26 June 2013 at 20:35

mantab gan, makasih infonya

Reply
avatar
Anonymous delete 17 October 2013 at 18:15

matur suwun infonipun....sangat membantu

Reply
avatar
Rendy delete 19 February 2014 at 15:49

Sejak pertama kali merpanjang STNK ane belum pernah ngurus sendiri, pertama kali merpanjang ane titipin k orang (broker), kedua paman dan ke tiga paman lagi, jadi belum pernah sama sekali ngurus perpanjangan STNK ane, g tau deh gimana rasanya kalau ngurus sendiri :)

Reply
avatar
Anonymous delete 20 February 2014 at 22:17

Barusan dicoba untuk urus sepeda motor 5 tahun, lebih simpel kok. Thx

Reply
avatar
Gitgem Wardhana delete 9 March 2014 at 21:44

Sam kondisi motor sekrang lagi di subang, jawa barat,bentar lagi habis...perpanjang 5 tahunannya gimana ya? Secara motornya kan ngga di Malang..trus terkait sama cek fisik dan lain2nya gimana?

Reply
avatar
definisi delete 9 May 2014 at 07:53

Kalo motornya di luar malang ya gesek aja di samsat terdekat, misalnya di samsat subang, trus hasil geseknya dilanpirkan bersama berkasnya di kirim ke malang dan diurus seperti biasa broth..

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement