Monday, 4 April 2016

Cara Mutasi Sepeda Motor dari Kabupaten Malang ke Kota Malang

author photo
Mutasi Sepeda motor saya lakukan karena pindah alamat. Jadi apabila agan semua mempunyai motor trus pindah alamat maka ada hal-hal yang harus diperhatikan, terutama saat membayar pajak.

Pajak Tahunan STNK bisa dilakukan selama alamat ID (KTP/SIM) sama dengan alamat BPKB. Nah karena KTP ane sudah pindah alamat dan KTP lama sudah expired, maka ane gak bisa bayar pajak tahunan STNK motor Ane. 

Bisa juga selama SIM masih berlaku dan alamatnya masih sama dengan Alamat BPKB, jadi selama 2 tahun ini ane bayar pajek hingga perpanjangan 5 Tahunan STNK Pake sim, KTP ga bisa karena alamatnya sudah beda. 

Masalahnya akhirnya SIM ane expired juga sehingga tahun 2015 ini ane perpanjang sim dan harus mutasi sim ke alamat baru.

Walhasil ane ga bisa lagi bayar pajak STNK  Ane karena gak punya ID (SIM/KTP) yang sama alamatnya dengan BPKB. Jadilah Ane harus MUTASI BPKB motor ane dari alamat lama ane yaitu Kabupaten Malang ke Alamat BARU di KOTA MALANG.

Mutasi Ini juga berlaku bila ente beli motor dari luar kota masuk ke kota malang, dan prosesnya persis sama...
Berikut langkah-langkahnya. DA 2 Tahap untuk MUTASI dari kabupaten ke kota malang, yaitu CABUT BERKAS/ MUTASI KELUAR yang kedua yaitu MUTASI MASUK... mari kita bahas satu satu

CABUT BERKAS/MUTASI KELUAR
 
I.LOKASI SAMSAT KARANGPLOSO KAB.MALANG

estimasi waktu 1Jam kalo datangnya pag
i

1. Siapkan Berkas dan Fotokopianya

fotokopi BPKB 3 bundel (fotokopi yg ada tulisan tangannya trus di jepret)
Fotokopi KTP Alamat Baru 3 lembar
Fotokopi STNK 3 lembar
Fotokopi PAJAK STNK terakhir 3 lembar

catatan penting : FOTOKOPI WAJIB dilakukan dirumah, karena di SAMSAT ada FOTOKOPIAN yang ANTRINYA LUAAAMAAA....
Usahakan ada cadangan misalnya 5 lembar fotokopiannya karena ribet kalo hilang.

2. Siapkan Obeng dan Kunci pas 10, untuk membuka dek depan bila motor honda Supra X kayak punya Ane, karena nomor rangka biasanya di dalam dek. Jangan lupa bawa lap .
3. Bawa pena dan spidol hitam.
4. Bismillah berangkat..

Ane berangkat ke SAMSAT KARANGPLOSO.. untuk cabut berkas mutasi KABUPATEN MALANG.. lokasi samsatnya sebelum pertigaan karangploso arah batu kiri jalan...

SAMSAT  Buka Senin sampe Jumat JAM 8.00 pagi sampai jam 13.00 Siang, jadi usahakan jam 8 kurang lima menit sudah samapi samsat..


Berikut Denah SAMSAT KARANGPLOSO


Ane sampai langsung parkir diantrian Check fisik, jadi langsung taruh sepeda di situ biar ga diserobot antrian, teus menuju KANTIN!

Mengapa kantin,... karena yang jual MAP di kantin, arahnya masuk aja terus ke kiri belakang, beli aja map RP 2000.

-Bawa MAP ke LOKET cek FISIK di depan antrian MOTOR.
ISi MAP dengan
Asli dan fotokopi BPKB 3 bundel (fotokopi yg ada tulisan tangannya trus di jepret)
Asli dan Fotokopi KTP Alamat Baru 3 lembar
Asli danFotokopi STNK 3 lembar
Asli dan Fotokopi PAJAK STNK terakhir 3 lembar

Serahkan di loket maka nanti akan dipanggil dan dikembalikan beserta formulir..

- Isi formulir dengan hati2 sesuai contoh di STNK

-Majukan Motor anda untuk cek fisik..., bila harus buka dek, maka lakukan sebelum giliran ente cek fisik..

- setelah Cek fisik BAWAKEMBALI mpa dan isinya ke LOKET CEK FISIK untuk ditandatangani...
SMAPE DISINI MASIH BELUM BAYAR GAN...

- BAWA MAP beserta isinya ke lantai 2 ke ruang berkas, nanti ketemu ma petugasnya, dicarikan berkas ente trus dikasih.. BAYAR Rp 30 .000 tanpa kuitansi

-Dari sutu ente turun ke BAGIAN FISKAL letaknya di lantai bawah, masuknya lewat cek fisik tadi.. di bagian FISKAL ente akan dapat surat FISKAL, ntar disuruh POTOKOPI 3 kali

- Sekarang urusan di samsat KARANGPLOSO SUDAH SELESAI, tapi PROSES CABUT BERKAS masih belum gan, harus menuju SAMSAT SIPAS SINGOSARI....

II. LOKASI SAMSAT/SIPAS SINGOSARI.
estimasi waktu 1 jam

-Bawa MAp berkas ente keyang dari samsat karangploso tadi ke  Sipas Singosari,
di Sipas Singosari  Jangan IKUTAN PARKIR DIPINGGIR JALAN GAN, itu buat yang tes kesehatan SIM.....masuk aja di gerbangnya sampai dalem di belakang ada parkiran luas...

- DAri parkiran jana aja lurus menembus gedung hingga kedepan loket MUTASI trus serahkan berkas ente.

- Dari loket mutasi ente akan dikasih formulir, silahkan diisi dengan hati2

-Kembalikan lagi keloket Mutasi, nanti ente bakal disuruh bawa berkas ke RUANG KI, letaknya di belakang dekat parkiran motor gan...

- Diloket KI nanti bakal di carikan berks ente...disini ente BAYAR RP 30.000 tanpa KUITANSI

- BAWA berkas dari KI tadi ke depan loket mutasi awal tadi, serahkan, ntar disini ente bayar Rp. 75.000 dan diberi surat jalan dll dalam MAP. trus dikasih tanggal pengambilan berkas..kuang lebih 3 minggu lagi agan kesini lagi...

- NAh sambil Nunggu 3 Minggu Cabut Berkas / MUTASI KELUAR  boleh dikatakan 50% selesai..dilanjut di postingan selanjutnya ..yaitu MUTASI MASUK nanti , sekarang lihat pengeluaran sementara

TOTAL PENGELUARAN

PArkir 2 kali @2000    RP.  4000
MAP   Rp. 2000
Bayar Loket Arsip Samsat Karangploso : Rp 30.0000
Bayar Loket KI Arsip Samsat/Sipas  Singosari : Rp 30.000
Bayar Biaya Mutasi Loket Mutasi Samsat Singosari Rp. 75.000

TOTAL PENGELUARAN SEMENTARA  Rp.143.000

belum nanti biaya  mutasi masuk dan pajak motor  gan.. ndak tau nih ini termasuk pungli atau bukan, soale ga ada kuitansinya sih...

Pindah alamat mau tertib bayar pajak harus berkorban WAKTU dan uang .. itulah Indonesia (bersambung)

LANJUTANNYA DI SINI CARA MUTASI KENDARAAN BAGIAN 2
bisnis syariah

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement